5 Bahan Herbal Yang Ampuh Untuk Mengatasi Alergi Pada Bayi

By in
No comments

Kulit bayi yang sensitif memang sangat rentan sekali terserang alergi, alergi biasanya bisa disebabkan oleh faktor luar maupun dalam. Gejala alergi pada bayi, sebagian sangat mengganggu karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti rasa gatal. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang tua yang memiliki bayi untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi alergi pada bayi, minimal tahu cara mengatasi secara alami.

Bahan alami apa saja yang dapat membantu mengatasi alergi kulit pada bayi?

Minyak Kelapa Mengatasi Alergi Pada Bayi

1.       Minyak Kelapa

Untuk digunakan pada bayi, pilih minyak kelapa yang murni tanpa campuran apapun. Saat ini sudah banyak yang menjual minyak kelapa murni siap pakai sehingga tidak harus mengolahnya sendiri. Balurkan minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena alergi secara teratur untuk mengurangi gejala alergi pada bayi. Jika dilakukan secara rutin, maka ruam alergi dapat berangsur-angsur pulih.

2.       Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang terkenal dapat menyuburkan rambut, namun selain itu ternyata juga efektif digunakan untuk mengatasi masalah alergi baik pada orang dewasa ataupun bayi. Efek dingin pada lendir lidah buaya mampu meredakan ruam dan rasa gatal pada kulit ketika alergi sedang menyerang tubuh bayi. Oleskan sesering mungkin pada bagian ruam di kulit agar cepat sembuh.

3.       Daun Salam

Bahan alami lainnya yang juga berkhasiat untuk mengobati gejala alergi khususnya pada bagian kulit adalah daun salam. Cara pemakaiannya juga cukup mudah, hanya perlu menghaluskan daun salam dengan cara ditumbuk, kemudian letakkan pada bagian yang terkena gejala alergi. Ruam atau bentol di kulit akibat alergi bisa cepat sembuh dengan ramuan herbal ini.

4.       Madu Asli

Apabila muncul ruam atau bintik merah pada bayi akibat alergi, anda bisa mencoba untuk mengoleskan madu asli untuk mengurangi gejala ini. Kandungan antibiotik pada madu dapat mencegah bakteri menyebar lebih luas dipermukaan kulit. Selain itu, madu juga bisa mepercepat penyembuhan luka akibat alergi pada kulit.

5.       Kunyit

Satu lagi jenis rempah-rempah yang manjur untuk penyakit alergi yaitu kunyit. Pilih kunyit yang sudah tua kemudian campurkan dengan daun sambiloto, haluskan kedua bahan ini dengan cara ditumbuk halus, setelah itu tempelkan pada bagian-bagian yang terkena ruam atau gejala alergi. Lakukan setidaknya 3 kali sehari saat alergi terjadi. Kunyit yang memang mengandung antibiotik alami akan sangat membantu dalam penyembuhan alergi, khususnya pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *