Bayi Anda Susah Tidur? Coba Deh 5 Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah & Cepat Ini!

By in
No comments

Bagaimana rasanya saat pertama kali melihat si buah hati?

Mommy tentu sangat bahagia, tak peduli bagaimana sakit dan letihnya pasca melahirkan. Ya, memiliki seorang bayi yang mungil memang merupakan sebuah anugerah khususnya bagi pasangan suami istri. Berbagai aktivitas untuk mengurus bayi dilakukan, mulai dari memandikan, menyusui, menidurkan, mengganti popok dan lainnya. Khusus untuk menidurkan bayi, terkadang bagian ini dirasa sulit dan penuh tantangan karena nyatanya bayi tidak selalu mudah ditidurkan. Well, untuk itulah penting bagi mommy untuk mengetahui tips dan cara menidurkan bayi yang cepat dan mudah.

Cara Menidurkan Bayi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan ini juga sering saya lakukan ketika menidurkan bayi saya ketika ia mulai susah untuk diajak tidur. Mommy juga bisa mencobanya!

1.       Menyusui Bayi

Ada beberapa alasan mengapa bayi menjadi susah untuk ditidurkan bahkan menjadi rewel, salah satu penyebabnya adalah karena ia masih merasa lapar atau haus. Untuk itu, cobalah untuk menyusuinya dengan posisi yang nyaman, bisa dengan cara sambil tiduran atau dipangku. Bayi yang kenyang relatif untuk mudah tidur ketimbang saat ia lapar.

2.       Mematikan Lampu

Jika saat menidurkan bayi, mommy berada di dalam kamar atau ruangan dengan penerangan yang cukup terang, cobalah untuk mematikan lampu atau menggantinya dengan lampu tidur yang agak redup, suasana seperti ini bisa menimbulkan efek cepat mengantuk pada bayi sehingga ia dapat tidur dengan tenang.

3.       Ajak Keluar Rumah

Untuk bayi yang sudah berumur 3 bulan lebih, jika saat siang hari ia mengalami susah tidur, mommy bisa mengajaknya keluar rumah. Gendong bayi dengan nyaman, lalu cobalah untuk pergi ke tempat yang sejuk berangin misalnya di bawah pohon. Semilir angin dan udara yang sejuk bisa jadi media ampuh untuk menidurkan bayi.

4.       Bersihkan Tempat Tidur

Jika bayi sudah tidur dalam dekapan mommy, lalu ketika diletakkan pada tempat tidur, ia terbangun dan merasa risih, cobalah untuk membersihkan tempat tidurnya dan rapikan. Mungkin saja, faktor kebersihan tempat tidur menjadi alasan atau penyebab bayi menjadi susah tidur dan tidak nyenyak. Usahakan untuk selalu membersihkan tempat tidur bayi, mengganti alas tidurnya jika basah atau kotor dengan yang baru serta pakaikan bayi dengan baju, celana dan popok yang kering.

5.       Gendong Bayi

Menggendong bayi masih menjadi cara yang sering dilakukan ketika bayi mulai rewel dan susah tidur. Ayunan lembut dari dekapan seorang ibu tentu terasa sangat nyaman bagi si bayi. Namun, tetap perhatikan cara menggendong bayi  yang benar untuk mencegah terjadinya cidera pada bayi atau rasa tidak nyaman.

Nah, itu tadi 5 cara menidurkan bayi yang bisa mommy coba lakukan. Semoga bermanfaat untuk para bunda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *