5 Makanan Lezat Khas Bali yang Wajib Kamu Coba!

By in
No comments

Tidak hanya dikenal dengan tempat wisatanya yang mempesona, Bali juga populer dengan kulinernya. Makanan khas Bali ini pun sangat banyak ragamnya. Bisa dibilang makanan ini lah yang juga turut membuat para turis betah berlama-lama di Bali.

Makanan Khas Bali

Memang ya, Bali selalu menjadi magnet bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Lebih dari itu warga lokalnya juga sangat ramah sehingga meninggalkan kesan tersendiri bagi siapa pun yang berkunjung ke sana. Apabila kamu tengah berencana bertolak ke Bali untuk berlibur, pastikan kamu tidak lupa untuk menikmati kuliner khas Bali ini ya!

  1. Blayag Raja Bali

Makanan khas yang satu ini beneran unik. Blayag Raja Bali terbuat dari lontong yang umumnya disajikan dengan kuah bersantan layaknya kuah kare, juga berhiaskan dengan taburan biji kedelai, sambal, butiran toge, telor dan suiran daging ayam semakin menambah kelezatan akan kembaran dari ketupat ini.

Harganya juga lumayan murah, cukup membawa uang Rp. 12,000 kamu sudah bisa menikmati sepiring Blayag Raja Bali dengan rasanya yang khas. Kamu bisa menemukan menu ini di Blayag Buleleng Restaurant, Jalan Surapati No. 124, Kampong Baru, Kp Baru, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng, Bali.

  • Rujak Kuah Pindang Bali

Rujak Kuah Pindang Bali ini semacam asinan buah-buahan yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya rujak ini menggunakan buah pepaya, belimbing, mentimun, mangga dan buah-buahan segar lainnya.

Makanan khas Bali yang satu ini hampir mirip dengan rujak buah biasa. Namun ada perbedaanya, jika rujak buah biasa hanya menggunakan beberapa buah segar dan sambal terasi, maka rujak kuah pindang khas ini menggunakan kuah pindang dan kaldu ikan.

Tempat yang menyediakan Rujak Kuah Pindang Bali ini adalah Warung Rujak Kuah Pindang Boling dan beralamatkan di Jalan Abimanyu, No. 2, Banjar, Denpasar Utara, Denpasar, Bali.

  • Nasi Tepeng Khas Gianyar

Nasi tepeng khas Gianyar ini umumnya dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Disajikan ketika masih hangat menjadikan cita rasa pedas dari rempah khas Bali semakin terasa. Seperti halnya nasi tumpeng pada umumnya, nasi ini juga dilengkapi dengan telur, sayur-sayuran hijau, maupun suwiran daging ayam.

  • Serombotan Khas Bali

Serupa tapi tak sama. Istilah yang pas untuk menggambarkan betapa miripnya gambaran visual antara Serombotan khas Bali dengan Sayuran Pecel khas Jawa Timur. Disajikan dalam bentuk sayur-sayuran hijau yang meliputi toge, terong bulat, kangkung dan kacang panjang, lalu dibalut dengan sambal kacang.

Sambal khas Serombotan sendiri memiliki 3 macam di dalamnya. Yaitu terdiri dari sambal kacang, sambal nyuh dan unyah sere limo. Selain itu, makanan khas Kabupaten Klungkung ini juga bisa dinikmati dengan nasi dan potongan ketupat. Harganya juga tergolong murah, yakni sekitar Rp. 3,000 hingga Rp. 6,000.

Jika kamu ingin menyicipinya cukup dengan berkunjung ke Kabupaten Klungkung. Di daerah pasarnya, akan terlihat banyak sekali orang berjualan Serombotan Bali ini.

  • Lawar Kuwir Khas Bali

Terdiri dari daging cincang dan campuran sayur-mayur. Makanan ini biasanya selalu dijadikan lauk pauk dengan dilengkapi sepiring nasi putih. Daging cincang yang biasa digunakan adalah daging babi dan bebek. Dan sayur-mayur yang menjadi komposisi pentingnya adalah potongan kacang panjang, parutan kelapa dan rempah-rempah pilihan lainnya.

Rasanya yang gurih berpadu dengan rasa pedas membuatnya sangat diminati oleh banyak wisatawan. Dengan merogoh kocek Rp. 25,000 kamu sudah dapat menikmati makanan ini. Kamu bisa menemukan makanan khas Bali ini di Lawar Kuwir Pan Sinar yang beralamatkan di Jalan Kroya Gang Cempaka No. 1 Kesiman, Denpasar Timur.

Demikianlah beberapa makanan khas Bali yang harus kamu coba ketika berada di Bali. Jauh-jauh ke Bali akan sangat disayankan jika kamu tidak menyempatkan diri untuk berwisata kuliner. Jadi, luangkan waktu untuk turut mencicipi kuliner khas Pulau Dewata ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *