Alasan Mengapa Wajib Membayar PPN Tepat Waktu

By in
No comments

PPN

Tarif PPN dibebankan atas transaksi yang dilakukan akibat jual beli barang dan jasa oleh pihak wajib pajak pribadi maupun badan usaha. Secara sederhana, orang-orang yang perlu membayar PPN adalah mereka yang merupakan penjual atau pengusaha bagian dalam Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Beberapa pihak masih ada yang mangkir dalam membayarkan pajak satu ini, padahal ada banyak alasan mengapa PPN wajib dibayarkan tepat waktu. Untuk itu, perlu diketahui apa saja alasan tersebut agar setiap orang lebih sadar dan mau untuk membayar pajak tepat waktu. Jika ingin tahu lebih jelas, simak saja ulasan berikut.

Menghindari Denda

Alasan pertama mengapa penting membayar PPN tepat waktu adalah untuk menghindari denda. Jumlah denda yang dibebankan tentunya tidak sedikit sehingga bagi sebagian orang, membayar denda akan sangat merugikan. Terlebih apabila pajak yang perlu dibayarkan sangat besar, maka akan berimbas pula pada jumlah denda.

Secara umum, denda yang dibebankan adalah sebesar 5-20% yang dihitung bergantung pada jumlah pajak yang dimiliki. Daripada digunakan untuk membayar pajak, tentunya uang tersebut lebih baik digunakan untuk keperluan usaha lainnya. Selain itu, dengan membayar PPN tepat waktu sama artinya dengan menjadi warga negara yang baik dan taat aturan pemerintah.

Menunjang Kesejahteraan Sosial

Secara tidak langsung, pembayaran pajak tepat waktu akan memberikan dampak yang menguntungkan terhadap masyarakat kurang beruntung. Selama ini, dana pajak yang dibayarkan oleh masyarakat, beberapa digunakan untuk fasilitas umum agar bisa dinikmati oleh orang-orang yang kurang beruntung. Mulai dari layanan pendidikan hingga kesehatan semuanya bisa ditunjang dengan uang pajak.

Tanpa adanya bantuan dari pembayaran pajak masyarakat, akan sangat sulit mencapai kesejahteraan sosial. Bahkan cara ini tidak hanya digunakan oleh pemerintah Indonesia, tetapi juga pemerintah di negara lainnya. Untuk itu, setiap orang yang telah membayar pajak tepat waktu sama dengan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat luas.

Berkontribusi pada Pemerintah

Tarif PPN yang dibayarkan akan dikelola langsung oleh pihak pemerintah dan dimanfaatkan untuk dana berbagai layanan umum. Tanpa uang pajak dari masyarakat, pihak pemerintah akan sulit memenuhi kebutuhannya. Bisa dibilang, pemasukan pemerintah untuk menangani berbagai sarana dan prasarana umum diperoleh dari hasil pembayaran pajak.

Fasilitas umum yang selama ini dinikmati tidak terlepas dari pembayaran pajak secara tertib dan tepat waktu. Maka tidak mengherankan apabila tingkat ketertiban warga negara membayar pajak akan mempengaruhi kesejahteraan dari negara tersebut. Untuk itu, setiap warga negara yang masuk dalam kategori Pengusaha Kena Pajak wajib membayar PPN.

Tidak perlu khawatir dalam mengelola tarif PPN yang perlu dibayarkan karena setiap UMKM bisa memanfaatkan aplikasi BukuKas sebagai pengingat pembayaran pajak. Aplikasi pembukuan tersebut akan mencatat apa saja kewajiban yang perlu dibayarkan oleh perusahaan dan menjadi alarm penting agar tidak telat dan berujung membayar denda. Tentunya sangat praktis dan membantu sekali, bukan? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *