Bamed Skin Care: Berikut Jenis-jenis Biang Keringat dan Penyebabnya

By in
No comments

Bamed skin care merupakan klinik populer yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap masalah kulit, masalah umum dan masalah kandungan. Bamed memiliki klinik dokter umum yang dapat mengatasi berbagai masalah dengan menggunakan pendekatan personal maupun keilmuan yang seimbang sehingga dapat melayani dan membantu berbagai permasalahan kesehatan, termasuk biang keringat pada manusia penyebab masalah kulit. Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal serta bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada kulit. Kelainan ini dikenal dengan ruam panas dan tidak hanya terjadi pada bayi namun orang dewasa mengalaminya ketika cuaca sedang panas terik atau pada suhu lembab.

Berikut adalah jenis-jenis biang keringat diantaranya:

  • Biang keringat profunda sangat terjadi tetapi masih beresiko terjadi di masyarakat. Dampak dari biang keringat dapat merusak dermis kulit pada bagian yang terdalam dan seringkali menyerang pada orang dewasa dimana ruam-ruam kemerahan terbentuk dengan ukuran yang besar dan lebar.
  • Biang keringat rubra, datang pada bagian dalam kulit yang disebabkan karena cuaca yang terik dan panas sehingga kelembapan tubuh meningkat. Ruam-ruam merahnya dapat menyebabkan sensasi rasa seperti terbakar, perih dan gatal, kulit mudah teriritasi dan mengalami peradangan jika digaruk dengan keras.
  • Biang keringat kristalina, jenis paling ringan dan mudah menyerang anak-anak atau orang dewasa yang biasanya berupa ruam merah berisi cairan yang jernih tetapi mudah pecah ketika tersentuh tanpa sengaja.

Untuk cara mencegah biang keringat dapat diatasi dengan pemilihan pakaian dengan menggunakan bahan katun untuk menyerap keringat dengan baik dan suhu tubuh stabil. Mandi dapat mencegah biang keringat dan menstabilkan fungsi kelenjar keringat. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena keringat keluar dapat mengendap dan membentuk benjolan kecil berisi cairan.

Berikut adalah penyebab biang keringat diantaranya:

  • Cuaca panas, meningkatkan produksi keringat dan keluarnya keringat merupakan bentuk perlindungan tubuh supaya suhu tetap stabil dan jika terjebak pada saluran keringat dan tidak bisa keluar normal memicu ruam-ruam merah.
  • Cuaca dingin, dapat menghasilkan keringat jika seseorang melakukan aktifitas gerak dan menyebabkan biang keringat di punggung bentuk kecil dan pedih.
  • Kelenjar keringat terlalu aktif, hanya gerakan sedikit saja maka tubuh memproduksi keringat termasuk pada punggung dan penggunaan suplemen biotin berpotensi munculnya biang keringat.
  • Kelenjar keringat belum sempurna, biasanya dialami oleh bayi karena kelenjar keringat belum sepenuhnya terbentuk sempurna dan mengatasinya dengan bedak anti radang.
  • Terlalu lama tidur, akan ditumbuhi biang keringat dan berisi cairan terutama orang-orang yang menderita sakit di rumah sakit.

Selain itu, jika baju tidak ganti saat cuaca panas dan telah terkontaminasi bakteri dan mempermudah bakteri untuk mengurai dan berkembang biak saat suhu panas terjadi. Stres dapat mempengaruhi kelenjar keringat sehingga saat cuaca panas akan mengeluarkan cairan yang cepat. Begitu juga saat memakan makanan yang pedas dan meningkatkan suhu tubuh sehingga kelenjar akan mengalami kesulitan mengalami keringat yang keluar pada bagian punggung.

Saat biang keringat berkembang biak pada anak-anak atau orang dewasa dapat mengatasinya dengan mengolesi adonan tepung tapioka. Mengolesi daun krokot yang mampu menyerap keringat dan menyembuhkan iritasi serta gatal-gatal pada kulit akibat keringat berlebih. Selain itu, pastikan rumah memiliki ventilasi udara yang cukup untuk mencegah biang keringat. Jika ingin melakukan pemeriksaan diĀ Bamed skin careĀ layanan dokter umum pada Senin hingga Sabtu pada pukul 16.00-21.00 WIB yang berada di area Jakarta Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *