Bermain Ternyata Juga Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

By in ,
No comments

Tumbuh Kembang Anak memang sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi yang cukup secar rutin, namun untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak orang tua juga harus mengajaknya bermain. Kenapa harus bermain ? Yuk, simak info lebih lanjut !

Tumbuh Kembang Anak

Bermain dengan buah hati memang sangat menyenangkan bagi orang tua, terlbih melihat tingkah polahnya yang sangat lucu, selain untuk melatihnya aktif bermain juga bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, bermain juga ada dua kategorinya, bermain aktif dan bermain bebas.

Apaitu Bermain Aktif dan apa Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak?

Pada dasarnya bermain aktif adalah aktifitas yang dilakukan anak yang mengharuskan otot-otot besarnya bekerja maksimal, anak dikatakan telah bermain aktif apabila telah mengeluarkan keringat dan detak jantungnya meningkat dari biasanya. Manfaat membiasakan anak bermain aktif begitu banyak, mulai dari mengasah kemampuan motoriknya, memperkuat struktur tulang dan otot, sampai dengan mengurangi resiko obesitas pada anak, selain perkembangan fisik bermain aktif juga mempengaruhi perkembangan kognitif dan emosional si buah hati, seperti mengajarkan dia untuk bekerjasama, percaya diri, hingga menimbulkan rasa bahagia untuk buah hati sehingga menurunkan resiko stress pada anak, kita gak mau kan buah hati kita stress diusia anak.

Terus apa saja jenis permainan aktif yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak?

Mengajak anak bermain memang sebaiknya sedini mungkin, namun orang tua juga harus memperhatikan jenis permainan aktif yang sesuai dengan anak, seperti di bawah ini.

  • Pada usia dibawah satu tahun

Meski belum satu tahun, orang tua tentu bisa mengajak buah hati untuk bermain aktif, caranya dengan meletakkan beberapa mainan disekitarnya sehingga si kecil terangsang untuk menggapai mainan tersebut, degan cara sederhana ini bisa melatih motoriknya sejak dini lo.

  • Usia 1-3 tahun

Di fase ini orang tua bisa mengajak buah hatinya untuk melakukan permainan aktif, semisal permainan lempar dan tangkap bola, permainan ini melatih dua jenis motorik anak sehingga melatih koordinasi mata dana tangannya terus terlatih.

  • Usia 3 tahun keatas

Sedang di fase ini orang tua bisa mengajak anak melakukan permainan yang lebih sulit lagi, semisal mengajaknya kejar kejarn melalui halang rintang atau dengan permainan menyeimbang tubuhnya. Aktivitas bermain ini memungkinkan tubuh anak benar-benar aktif, sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Selain bermain aktif untuk mengotimalkan tumbuh kembang anak, orang tua juga harus membiasakan buah hati untuk bisa bermain bebas, apaitu bermain bebas, yuk ikuti pembahasan berikut ini!

Apaitu Bermain Bebas dan Apa manfaatnya?

Pada dasarnya bermain bebas adalah aktivitas anak yang dilakukan secara spontan dan tidak terstruktur atau murni dari kemaunannya sendiri. Bermain bebas juga tidak melibatkan orang tua dalam prosesnya,buah hati bisa diberikan permain blok atau biarkan dia berperan sebagai super hero yang membasmi kejahatan. Walaupun seperti tidak ada aturan dan tujuan, bermain bebas ternyata banyak manfaatnya untuk mengotimalkan tumbuh kembang anak, antara lain menstimulasi dan melatih kretaifitas, imajinasi hingga kemampuan memecahkan masalah.

Untuk Membiasakan anak bermain bebas, ada beberapa tipsnya, anatara lain :

  • Berikan AnakOpen-ended Toys

open-ended toys atau mainan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai kreasi seperti blok dan playdough, lebih disarankan untuk diberikan pada si Kecil dibandingkan mainan dengan peraturan yang mengikat seperti buku mewarnai dan permainan papan karena open-ended toys yang sederhana justru dapat mendorong si Kecil jadi lebih kreatif.

  • Ajak anak ketaman bermain

Mengajak anak ketempat bermain umum, dimana banyak anak sebayanya bisa menstimulasinya untuk bermain bebas, namun perlu diingat orang tua juga tidak boleh membiarkannya melakukan aktifitas diluar ruangan tanpa pengawasan.

Nah, lalu Berapa Lama Durasi Ideal untuk si Kecil Bermain Aktif?

Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, si Kecil membutuhkan waktu bermain aktif yang cukup. Oleh karena itu, Orang tua harus meluangkan waktu setidaknya 30-60 menit setiap hari untuk mengajaknya bermain aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *