Sikat Gigi

Cara Mengatasai Karang Gigi Dengan Bahan Alami

By in
No comments

Memiliki penampilan yang menarik menjadi dambaan semua orang baik itu wanita ataupun pria apalagi jika sudah beranjak dewasa. Karena padaa saat masih anak anak mungkin kita kurang menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi sehingga apabila memiliki gigi yang berlubang atau karang gigi hal tersebut tidak begitu dipermasalahkan . Berbanding terbalik apabila saat dewasa ketiga gigi kita bermasalah tentu hal tersebut membuat resah dan ingin mengatasinya .

Oleh karena itu kali ini Aydindoor hadir dengan informasi mengenai cara mengatasi karang gigi dan menjaga kesehatan gigi mulut dengan bahan alami serta apa apa saja yang bisa menyebabkan munculnya karang gigi sehingga kita bisa mencegahnya sejak dini .

Karang gigi atau yang biasa disebut kalkulus sering muncul disebabkan oleh penumpukan plak gigi yang sudah mengeras serta melapisi bagian pada gigi. Penumpukan plak itu disebabkan oleh sisa makanan yang ada tertinggal di gigi bercampur dengan bakteri dalam mulut. Plak dengan bakteri bisa berakibat pada rusaknya enamel gigi.Hal ini lah yang bisa mengakibatkan kerusakan pada gigigi permanen dan juga penyakit gusi.

Menumpuknya karang pada gigi dapat membuat kesehatan gigi dan mulut berkurang karena dengan adanya karang gigi itu sebenarnya membuat kurang efektifnya menyikat gigi karena pada saat menyikat gigi sebenarnya itu terhalang oleh karang gigi. Karang gigi sebaiknya harus cepat cepat dibersihkan. Apabila dibiarkan bakteri karang gigi akan mengiritasi hingga merusak gigi dan gusi. Peradangan pada gusi yang disebabkan karang gigi ini bahkan bisa menimbulkan masalah yang serius.

Akibat karang gigi lama kelamaan menyebabkan tanggalnya gigi serta degradasi pada tulang. Walaupun pembentukan plak serta karang gigi itu memang secara alami terjadi akan tetapi kita bisa mengendalikan penumpukan plak gigi yang jadi penyebab karang gigi. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada gigi.

Tips Mencegah Karang Pada Gigi

1. Jangan Malas Menyikat Gigi
Rajin sikat gigi merupakan cara nomor satu untuk mencegah karang gigi. Seperti yang aku sebutkan diatas plak bisa bermunculan akibat sisa makanan yang ada di dalam mulut. Oleh karena itu biasakan untuk selalu sikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur. Lalu jangan asal asalan menyikat gigi tapi lakukanlah dengan cara yang benar dan dengan sikat gigi yang benar pula. Jangan malas mengganti sikat gigi apabila sikat gigi kalian bulu bulunya sudah mulai tidak nyaman digunakan. Jangan lupa pula menyikat pada bagian permukaan dan belakang gigi dan geraham.

Menggunakan sikat gigi elektrik khusus yang dianjurkan dokter juga dipercaya lebih efektif dalam menghilangkan plak gigi dibandingkan menggunakan sikat gigi manual. Walaupun harga sikat gigi elektrik bisa dibilang lumayan mahal namun ini bisa dicoba . Tapi apapun sikat giginya harus dipastikan kalau sikat gigi tersebut telah melewati pengujian khusus dan sudah memenuhi standar para dokter gigi,

2. Menggunakan Obat Kumur
Selain rajin menyikat gigi dengan rutin minimal dua kali sehari dianjurkan juga untuk menggunakan obat kumur untuk semakin menjaga kesehatan gigi dan mulut kalian. Pada saat ini ada banyak sekali merk obat kumur yang beredar dipasaran , pilihlah yang sesuai kebutuhan dan juga rasanya jangan terlalu kuat mintnya bagi anda yang tidak tahan sensasi panas dari berkumur dengan obat kumur.

3. Minum Air Setelah Makan
Meminum banyak air saat dan setelah makan ternyata dapat mengurangi pembentukan plak.

Selain tiga tips diatas ada juga tips lainnya yang tidak kalah penting yaitu menggunakan benang gigi, memilih pasta gigi berflouride seperti Pepsodent, memperhatikan jenis makanan dan menghindari rokok dan alkohol.

Itulah tadi beberapa tips mencegah karang gigi , semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *