Cara Mengetahui Obat dan Penyakit yang Ditanggung Perusahaan Asuransi Kesehatan

By in
No comments

Asuransi Kesehatan

Ketika penyakit datang, hal kedua setelah kesehatan yang sering kali menjadi kekhawatiran pasien atau anggota keluarganya adalah biaya pengobatan dan perawatan. Sebab, biaya ini sering kali berjumlah tidak sedikit, terutama jika penyakit yang diderita adalah penyakit dalam atau kronis. Untuk itulah, melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang bagus penting sekali dilakukan oleh siapa pun, terlepas berapa usia dan bagaimana histori kesehatan keluarganya.

Namun bila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dan ingin memahami bagaimana cara mengetahui obat dan penyakit apa saja yang ditanggung oleh asuransi kesehatan, berikut adalah tahap-tahapannya:

 

  1. Menghubungi Pusat Panggilan Perusahaan Asuransi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui jenis obat dan pengobatan apa saja yang bisa ditanggung oleh sebuah produk asuransi ialah dengan menanyakan langsung pada penerbit produk itu sendiri. Melansir informasi dalam situs diaTribe, Anda bisa mencari tahu langsung jawabannya dengan menelepon pusat panggilan (call center) perusahaan asuransi Anda. Siapkan nomor kepesertaan (polis) Anda serta nama obat-obatan yang diresepkan kepada Anda. Anda bisa memulainya dengan memberi tahu nomor polis Anda, kemudian menanyakan apakah obat-obatan tersebut ditanggung oleh perusahaan tersebut atau tidak. Hal ini perlu dilakukan sebab pertanggungan kesehatan setiap nasabah kemungkinan besar berbeda-beda. Jadi, ada baiknya Anda langsung menanyakan kepada pihak pertama alias pusat panggilan perusahaan asuransi yang tahu betul rincian polis Anda. Anda juga bisa sekaligus menanyakan besaran pertanggungan obat dan konsultasi tiap kunjungan atau tiap tahun yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

  1. Mengecek Secara Mandiri dalam Aplikasi pada Ponsel Pintar

Sudah banyak perusahaan asuransi yang menyokong kebutuhan perlindungan nasabah-nasabahnya dengan cara digital. Allianz, contohnya, memiliki aplikasi bernama eAZy yang digunakan untuk proses klaim elektronik (e-claim) masing-masing nasabahnya. Fasilitas ini tentu memudahkan setiap nasabah yang ingin mengetahui informasi lanjutan atau mengajukan klaim penggantian, tanpa perlu berkunjung langsung ke kantor perusahaan asuransi. Anda juga bisa mencari tahu tentang macam-macam obat dan penyakit yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dari aplikasi ini. Anda tinggal mendaftarkan akun dengan menggunakan nomor polis Anda. Setelah itu, Anda bisa mencari nama obat dan penyakit yang ingin Anda ketahui dalam bagian atau kolom polis Anda. Di sana akan terlihat jelas semua syarat dan ketentuan serta informasi terkait perlindungan kesehatan Anda oleh perusahaan Asuransi.

Itulah dia dua cara mengetahui obat dan penyakit apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan Anda. Semua kembali pada perjanjian antara Anda dan perusahaan yang tercatat dalam polis Anda. Pun jika ternyata obat-obatan yang Anda butuhkan tidak ditanggung oleh produk yang Anda miliki, Anda bisa mengajukan untuk mengakselerasi produk asuransi Anda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *