Cara Mudah Menata Ruang Tamu Minimalis

By in
No comments

Ruang tamu adalah ruang pertama yang mungkin akan dilihat oleh orang lain di rumah Anda. Ruangan yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu ini menjadi perwakilan cerminan pemilik rumah. Dengan tata ruang tamu yang apik, bisa membuat orang lain merasa disambut dengan baik dan nyaman untuk berbincang dengan Anda.

Ruang publik di rumah Anda ini tentu membutuhkan design dan tata ruang yang menarik sehingga orang lain tidak akan melupakan kesan pertama ketika berkunjung ke rumah. Tentu Anda tidak ingin tamu yang berkunjung mendapatkan kesan yang tidak baik saat bertamu ke rumah.

Ruang Tamu Dining Room

Ada beberapa konsep ruang tamu sekaligus dining room yang umumnya diterapkan oleh pemilik rumah. Akan tetapi konsep yang belakangan ini banyak dipilih adalah ruang tamu yang mengusung konsep minimalis. Hal ini merujuk pada lahan untuk membuat rumah yang semakin terbatas. Jadi pada akhirnya rumah pun didesain minimalis. Alhasil ruang tamu di rumah juga turut menerapkan konsep minimalis.

Lebih dari itu, ruang tamu dengan konsep ini jauh lebih efisien. Terutama bagi Anda yang baru menikah atau masih dalam kategori keluarga kecil. Memiliki ruang tamu minimalis juga membuat Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli perabotan. Lebih baik uangnya dialihkan untuk keperluan lain bukan?

Menata Ruang Tamu Minimalis

Agar ruang tamu menjadi ruang yang nyaman digunakan untuk berbincang, berikut akan kami sampaikan hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika menata ruang tamu.

  1. Penggunaan Perabot

Ruang tamu yang berukuran minimalis terkadang membuat Anda merasa pengap dan tidak leluasa bergerak. Maka dari itu, perhatikan terlebih dahulu perabotan apa saja yang diletakkan di ruang tamu. Pilih perabotan yang sesuai pada fungsinya. Misalnya, meja sudut untuk meletakkan lampu ruangan dan hindari menempatkan pot bunga yang terlalu besar di sudut ruangan.

Tidak perlu menempatkan perabotan terlalu banyak di ruang tamu ini. Pilihlah perabotan inti yang harus ada di ruang tamu. Ini akan membuat ruang tamu terkesan longgar.

  1. Pemilihan Warna

Warna yang gelap justru memberikan kesan yang sempit pada ruangan. Bisa saja selama ini memang sebenarnya ruang tamu Anda berukuran sedang, tetapi dengan pengaplikasian warna yang kurang tepat membuat ruangan ini menjadi pengap.

Pilihlah warna yang terang sebagai background dinding ruang tamu Anda. Seperti warna krem, kuning muda atau pastel. Hindari pencampuran warna yang terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan kesan ramai dan penuh pada ruangan.

 

  1. Cahaya

Pencahayaan juga bisa dijadikan trik untuk membuat ruang tamu Anda nampak lebih luas. Berikan pencahayaan yang terang dengan memberikan beberapa jendela kaca sehingga cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke ruangan ini.

Adanya jendela ini akan membuat sirkulasi udara di ruang tamu lebih lancar. Lebih dari itu  keberadaan jendela ini tidak akan membuat Anda boros listrik karena tidak harus menyalakan lampu sepanjang hari.

  1. Cermin Hias

Sudah tidak asing lagi jika cermin sering digunakan sebagai trik cerdas untuk mengatasi ruangan minimalis. Selain dapat menciptakan kesan luas, cermin yang memiliki ukiran di bagian pinggirnya  bisa menambah kecantikan interior ruang tamu Anda.

Demikianlah beberapa hal dasar yang bisa Anda terapkan ketika menata ruang tamu. Penempatan furniture maupun interior yang tepat akan menjadikan ruang tamu lebih terlihat menarik. Tentu ini akan menjadikan rekan yang bertamu ke rumah mendapatkan kesan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *