Pembayaran premi

Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Pembayaran Premi Asuransi

By in
No comments

Sebagai pemegang polis asuransi, tentunya Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi setiap bulannya. Premi ini nantinya akan dikelola oleh pihak perusahaan asuransi untuk memberikan manfaat yang terbaik bagi para pemegang polis. Nah berikut merupakan beberapa poin pentung yang perlu diperhatikan seputar pembayaran premi asuransi.

Apa Itu Premi Asuransi?

Premi merupakan sebuah uang yang harus dibayarkan oleh para pemegang polis yang nantinya akan dikelola oleh pihak perusahaan asuransi yang akan dijadikan sebagai manfaat, baik untuk diri Anda sendiri maupun nasabah lainnya.

Pada umumnya besarnya premi asuransi yang harus dibayarkan sudah disesuaikan dengan manfaat yang akan Anda dapatkan. Pemegang polis yang mau membayar premi dengan jumlah yang besar tentunya akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih. Begitu pula sebaliknya. Besarnya pembayaran premi bisa Anda konsultasikan kepada pihak perusahaan agar sesuai kebutuhan.

Tak hanya wajib membayarkan premi asuransi rutin setiap bulannya saja, para pemegang polis juga memiliki kesempatan untuk bisa meningkatkan nilai tunai miliknya. Namun pembayaran yang satu ini bukanlah pembayaran rutin. Pembayaran yang satu ini hanya dibayarkan pada waktu-waktu tertentu saja yang sering disebut sebagai pembayaran top up.

Mengapa Perlu Membayarkan Premi Tepat Waktu?

Alasan pertama mengapa Anda perlu membayarkan premi tepat waktu adalah agar manfaat yang bisa Anda dapatkan tetap berjalan dengan baik. Pasalnya manfaat dari polis asuransi akan terputus jika Anda tidak membayar premi. Hal ini tentunya akan sangat merugikan Anda dan keluarga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya premi yang Anda bayarkan merupakan bagian dari keseluruhan manfaat untuk semua para pemegang polis asuransi. Jadi secara tidak langsung, premi yang Anda bayarkan juga ikut berkontribusi pada manfaat nasabah lainnya. Sebab bisa jadi ketika Anda telat bayar, di sisi lain ada nasabah lain yang memerlukannya.

Bayar Premi Asuransi Secara Autodebit atau Manual?

Secara garis besar premi asuransi dapat dibayarkan dengan dua cara yakni secara manual dan autodebet. Pada dasarnya untuk pembayaran pertama premi asuransi akan dilakukan secara manual yang kemudian akan di upgrade menjadi autodabet.

Untuk pembayaran secara manual sendiri dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari taller bank, lewat ATM, Indomart atau Alfamart, hingga mobile banking atau internet banking. Pilihan metode pembayaran yang beragam ini tentunya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi para pemegang polis asuransi. Anda hanya perlu memilih metode pembayaran termudah.

Setiap metode pembayaran yang ditawarkan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah tanggal jatuh tempo. Pastikan Anda selalu membayar tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo tersebut. Jika telat, hal ini tentunya akan merepotkan bagi Anda, sebab keterlambatan akan menyebabkan polis tidak aktif.

Sedangkan pembayaran menggunakan metode autodeet baik melalui rekening ataupun kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang paling tepat bagi kaum millennial. Pasalnya Anda tak perlu pusing membayar. Metode yang satu ini mampu memberikan kesempatan lebih untuk bisa mendapatkan promo dan diskon untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Pemilihan metode pembayaran ini juga terbilang cukup fleksibel dan bisa Anda ubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan kapan saja Anda mau. Pilihan metode pembayaran dapat dengan mudah Anda ubah dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi terkait.

Nah di atas merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar pembayaran premi asuransi. Bahkan bagi Anda yang memiliki polis asuransi dari Simplr, metode pembayarannya juga dapat dilakukan secara online. Cukup mudah dan praktis bukan? Yuk ajukan sekarang juga hanya di simplr.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *