Masker Rambut Jeruk Nipis

Ini Cara Menghaluskan Rambut Dengan Bahan Alami

By in
No comments

Siapa sih yang tak ingin mempunyai rambut yang halus, lurus, indah dan modis, pasti semua orang terutama kaum hawa sangat mendambakannya. Namun tak semua orang tahu cara menghaluskan rambut yang kasar. Bahkan sekarang ini sudah banyak alat pelurus rambut yang menggunakan panas dan bahan kimia, yang sangat buruk untuk kesehatan rambut.

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan alat-alat tersebut akan mengeringkan, membuat ujung rambut terbelah, dan akhirnya rambut menjadi rusak dan tidak menarik lagi. Yang tak banyak orang tahu, sebenarnya untuk menjadikan rambut menjadi halus dan indah tak melulu harus melakukan perawatan mahal di salon.

Sebenarnya ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat dan menjadikan rambut halus dan indah, diantaranya adalab:

  1. Masker santan dan jeruk nipis

Santan instan dalam kemasan mini tak cuma bisa buat masak. Bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan masker rambut. Coba pakai santan kemasan 65 ml. Padukan dengan air perasan jeruk nipis, kemudian usapkan pada rambut yang sudah dibasahi. Jepit rambut atau tutupi dengan shower cap, kemudian diamkan selama tiga sampai empat jam. Setelah itu, keramas seperti biasa.

  1. Masker pisang

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang ada di dalam buah pisang berfungsi sebagai minyak alami yang dapat mengatasi rambut bercabang dan kering.

Bahan:

  • 1 buah pisang matang (sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut)
  • 1 sendok makan santan kental (opsional)

Cara membuat:

  • Potong-potong buah pisang. Campurkan dengan santan. Kemudian haluskan semua bahan tadi dengan sendok atau blender.
  • Sisir rambut yang sudah dikeramas sampai tidak ada rambut yang kusut. Kemudian ambil sisir yang bergigi jarang dan celupkan ke dalam masker pisang yang sudah dibuat.
  • Ratakan ke seluruh bagian rambut menggunakan sisir tadi.
  • Tutupi kepala menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih.
  • Biarkan rambut kering secara alami. Jangan gunakan hair dryer.
  1. Creambath jeruk nipis

Sifat asam pada jeruk nipis bagus untuk mengatasi masalah pada kulit kepala dan rambut yang lepek. Larutkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis berukuran besar dengan 1 gelas air. Setelah itu tuangkan separuhnya pada kulit kepala. Pijat-pijat agar meresap. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala. Tuangkan sisa larutan jeruk nipis pada batang rambut. Bungkus kepala dengan shower cap, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

  1. Bilasan teh hijau

Teh hijau tak hanya baik untuk kulit dan tubuh. Teh yang kaya akan nutrisi ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut bersinar alami. Seduh teh hijau celup atau 1 sendok makan teh hijau kasar dengan segelas air panas. Tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan pada kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan ringan selama 2-5 menit. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Masker papaya

Pepaya mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan rambutmu. Untuk membuat masker dari buah pepaya, kamu bisa mencoba resep yang direkomendasikan situs Curly Nikki ini.

Bahan:

  • 1/2 gelas pepaya matang
  • 1/4 gelas yogurt tawar (opsional)

Cara membuat:

  • Kupas pepaya dan haluskan daging buahnya. Setelah itu campur dengan yogurt.
  • Oleskan campuran masker mulai dari pangkal hingga ujung rambut.
  • Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Itulah beberapa cara dan bahan alami yang bisa kamu buat dan gunakan untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, halus dan lembut. Mudah bukan ? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *