Jenis Lampu HID Vs LED untuk Mobil, Manakah yang Lebih Baik?

By in
No comments

Aksesoris tambahan yang sering kali dipasangkan pada produk kendaraan diantaranya adalah lampu. Sebenarnya setiap mobil sendiri sudah dibekali dengan komponen yang satu ini bawaan dari pabrik. Namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya konsumen juga cukup banyak yang menambahkan atau mengganti lampu lama dengan yang baru, karena berbagai macam alasan. Mulai diantaranya adalah dilihat dari segi daya tahan sampai dengan pilihan tampilannya yang lebih kekinian. Jenis bohlam yang dipakai sendiri beragam, mulai dari halogen, jenis lampu HID sampai yang kekinian adalah LED.

Jenis Lampu HID

Sebenarnya pemilihan ini bisa disesuaikan dengan selera dan pastinya juga keuangan Anda. Mengingat jika berbicara mengenai tawaran harganya sendiri juga sangat bervariatif. Ada yang cukup mahal seperti diantaranya adalah lampu LED. Namun juga ada yang murah seperti diantaranya adalah halogen maupun HID. Lampu halogen memang sudah banyak yang tidak lagi menggunakannya, karena ia tergolong cukup panas.

Belakangan masyarakat lebih prefer memakai jenis lampu HID atau paling tidak adalah LED untuk kendaraan mereka. Antara kedua jenis lampu tersebut sebenarnya apa yang membedakan dan mana yang lebih baik, berikut ini yang harus diketahui, sehingga tidak salah pilih, yaitu:

  1. Daya tahan, berbicara mengenai usia dari lampu tersebut sudah pasti berbeda, lampu HID biasaya bisa digunakan selama kurang lebih 3500 jam, sedangkan untuk lampu LED sendiri bisa jauh lebih lama dari itu, yaitu masa pakainya sampai dengan 30.000 hingga 50.000 jam, biasanya tergantung dari pabrikan atau merk yang membuatnya, semakin bagus maka akan semakin tahan lama.
  2. Cahaya yang dipancarkan, antara lampu HID maupun LED pada dasarnya memang memancarkan cahaya yang sama-sama terang, namun lampu HID ini sendiri tingkat keterangannya begitu tinggi, sehingga terkadang agak menganggu visitabilitas dari pengguna jalanan yang lain, sehingga ia lebih banyak dipasangkan pada jenis kendaraan untuk kebutuhan touring atau adventure.
  3. Harga, hal yang membedakan lainnya adalah dilihat dari segi harga, mengingat produk lampu LED ini memang dijual di pasaran jauh lebih mahal dibandingkan dengan HID. Itulah mengapa tidak jarang kemudian diantara masyarakat dengan budget yang terbatas memutuskan untuk memilih lampu HID ini, dengan kualitas yang sebenarnya tak jauh berbeda.
  4. Konsumsi daya listrik, sebenarnya baik itu lampu LED maupun HID sama-sama irit konsumsi daya listrik, namun LED lebih unggul dalam hal yang satu ini. ia tidak membutuhkan aliran listrik yang besar untuk bisa menyala dengan terang.

Jadi pikirkan baik-baik apakah Anda ingin membeli jenis lampu HID atau mungkin lampu LED untuk dijadikan sebagai pilihan, semuanya dijual di pasaran, beli kian mudah diantaranya adalah lewat online di Rumah Modifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *