MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SELAMA MENYUSUI

By in
No comments

Banyak hal sulit yang dilalui sebagian ibu dalam masa menyusui. Mulai dari waktu, si kecil rewel bahkan pantangan makanan dan minuman. Terlebih lagi jika makanan dan minuman favorit ibu adalah makanan yang tidak ada nutrisinya atau bisa jadi makanan yang sehat namun mempengaruhi si bayi misalkan menjadi alergi, rewel atau susah tidur. Oleh karena itu kami akan berikan informasi mengenai makanan apa saja yang tidak boleh Busui konsumsi karena tidak mengandung Vitamin ibu menyusui serta mengakibatkan efek buruk bagi bayi. simak ya bun !

  1. Kafein

Menurut para ahli, mengkonsumsi kafein yang tinggi akan menyebabkan rasa cemas berlebihan dan juga membuat bayi akan sulit tidur, atau perubahaan mood dikarenakan asupan ASI mengandung kafein. Bunda bisa mengkonsumsi kafein dalam jumlah rendah atau 1 gelas kopi satu hari saja tidak boleh lebih. Selain itu kafein dalam kadar tinggi dapat menurunkan kadar zat besi dalam ASI dan menurunkan hemoglobin pada bayi. oleh karena itu jika bunda penyuka minuman kopi atau the maka sebaiknya kurangi atau lebih bagus jangan meminum dahulu demi kenyamanan ibu dan bayi.

  1. Cokelat

Nah jika bunda adalah penggemar makanan atau minuman coklat, sebaiknya bunda berhati-hati saat mengkonsumsi karena coklat mengandung theobromine yang efeknya sama seperti kafein. Oleh karena itu hindarilah atau kurangi olahan makanan coklat agar si bayi tidak rewel. Tetapi jangan khawatir bun, bunda boleh mengkonsumsi coklat tetapi tidak boleh dari 750mg per hari ya Bun.

  1. Buah Asam

Buah-buahan adalan sumber Vitamin ibu menyusui agar ASI memiliki kandungan vitamin yang baik untuk si bayi. namun dalam mengkonsumsi buah hindari yang mengandung asam. Memang buah asam seperti jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi namun zat asam didalamnya dalam mengganggu sistem pencernaan si bayi karena perutnya belum mampu menahan zat asam tersebut. agar asupan Vitamin C bunda tercukupi, bunda bisa mengkonsumsi buah seperti papaya, strawberry dan sayuran hijau.

  1. Minuman Beralkohol

Bagi sebagian Bunda yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol ketika masa menyusui sebaiknya hindari ya bun. Karena minuman beralkohol dapat memberikan dampak buruk bagi si bayi yang bisa memperlambat perkembangan otaknya. Oleh karena itu hindari minuman beralkohol dan sebagai terapi bunda dalam berhenti menngkonsumsi minuman beralkohol.

  1. Brokoli

Sayuran memang baik untuk tubuh, khususnya bunda yang sedang dalam fase menyusui. Banyak vitamin dan zat besi yang terkandung di dalamnya membuat tubuh menjadi sehat. Namun ternyata beberapa sayuran bisa membuat anak menjadi sering buang angin. Brokoli, bawang bombay, bunga kol, kubis, dan timun menjadi deretan sayuran yang menyebabkan hal tersebut. Memang belum ada penelitian terkait sayuran yang membuat anak sering buang angin ini, tetapi tidak ada salahnya untuk mencari alternatif lainnya.

  1. Makanan Pedas

Memang tidak ada penelitian tentang dilarangnya ibu menyusui memakan makanan pedas. Hal ini beranggapan karena rasa pedas akan muncul ke dalam ASI. Tetapi ada beberapa kasus bayi menjadi rewel atau sering buang air besar ketika ibunya mengkonsumsi makanan pedas. Oleh karena itu sebaiknya jika bunda mengkonsumsi makanan pedas dan ada efek samping ke si bayi sebaiknya bunda hindari begitu juga sebaliknya tetapi jaga asupan nutrisi yang penting agar kualitas ASI tetap baik.

  1. Ikan Bermerkuri Tinggi

Dalam mengkonsumsi Ikan sebaiknya bunda memakan masakan ikan dengan tidak dikonsumsi secara mentah ya bun baik dalam bentuk sushi atau sashimi. Dikarenakan jika bunda mengkonsumsi ikan mentah terdapat kandungan merkuri tinggi dan polusi yang menempel pada ikan sehingga secara tidak langsung berbahaya bagi ASI yang akan dikonsumsi si bayi. masaklah hingga matang olahan ikan agar terhindar dari merkuri tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *