Pentingnya Rehabilitasi Ortopedi untuk Pemulihan Pasca Operasi

By in ,
No comments

Persoalan muskuloskeletal (tulang, tulang belakang, otot, sendi) sangatlah beragam dan harus dilakukan oleh ahli ortopedi. Dr. Lee Woo Guan adalah dokter yang ahli di bidang ortopedi. Beliau menangani berbagai kasus bedah ortopedi hingga pemulihan pasca operasi dengan rehabilitasi ortopedi. Inilah pentingnya rehabilitasi ortopedi untuk pemulihan pasca operasi.

Ortopedi

  1. Pemulihan Kondisi Fisik

Layanan kesehatan yang prima memang memastikan normalnya fungsi anggota tubuh pasien pasca tindakan operasi. Caranya adalah dengan melakukan rehabilitasi ortopedi, terutama untuk pemulihan kondisi fisik pasien. Setiap tahap dalam rehabilitasi ditangani oleh ahlinya, yaitu fisioterapis dan tim medis lainnya dengan pengawasan dokter ahli.

Setelah operasi, pasien harus menjalani serangkaian tindakan rehabilitasi sesuai keperluan. Pada umumnya, pasien menjalani terapi okupasi dan fisioterapi, sedangkan terapi bicara bahasa dilakukan jika bagian yang dioperasi adalah rahang ataupun bagian lainnya yang berkenaan dengan kemampuan bicara.

  1. Pemulihan Kondisi Mental

Selain mengembalikan kondisi fisik pasien seperti semula, tindakan rehabilitasi ortopedi juga penting untuk memulihkan kondisi mental. Pasca melakukan operasi, pasien juga harus mengembalikan kondisi mental agar kembali tenang, percaya diri, dan optimis akan kesembuhannya secara total. Hal ini diperlukan agar kualitas hidup pasien meningkat.

  1. Mengembalikan Keterampilan Hidup

Keterampilan hidup pasien pasca operasi harus segera ditingkatkan sesuai dengan prosedur penanganan agar segera pulih. Normalnya fungsi anggota tubuh seusai operasi dapat dioptimalkan dengan tindakan rehabilitasi. Sebagai ahli ortopedi yang handal, dr. Lee Woo Guan akan menjelaskan dan mengawasi jalannya praktik rehabilitasi.

Serangkaian tindakan dalam tahap rehabilitasi diarahkan untuk mengembalikan kemampuan pasien dalam bergerak. Setelah beberapa waktu melalui terapi fisik, kemudahan dalam bergerak semakin meningkat. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari mulai bisa dilakukan sendiri.

  1. Membangun Keseimbangan Gerak

Keseimbangan gerak sangat penting bagi setiap orang guna mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan benar. Setelah menjalankan operasi, tentu saja belum tercipta keseimbangan gerak yang baik karena harus melalui tahap pemulihan kekuatan tubuh secara intensif. Anda bisa melatih keseimbangan tubuh melalui rehabilitasi ortopedi yang dipandu oleh fisioterapi.

  1. Melatih Koordinasi

Koordinasi antara otak dengan anggota gerak juga sangat penting untuk menghubungkan antara rangsangan dengan respon yang dikeluarkan. Hubungan tersebut harus dinormalkan kembali agar tercipta kemudahan dalam beraktivitas seperti semula. Latihan koordinasi gerak ini termasuk dalam rangkaian rehabilitasi ortopedi yang dipandu oleh dokter ortopedi.

Dalam pelaksanaannya, pasien terus berlatih melakukan koordinasi yang baik antara syaraf otak dengan anggota gerak. Dalam latihan koordinasi ini, Anda juga bisa melatih ingatan serta berusaha merespon dengan aktif setiap perintah yang diberikan. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mempunyai koordinasi yang baik antara syaraf otak dengan anggota gerak.

Pemulihan kondisi pasien seperti sedia kala merupakan tanggung jawab dokter ortopedi. Sebagai ahli ortopedi handal, dr. Lee Woo Guan menganjurkan rehabilitasi ortopedi kepada pasien. Tindakan yang dilakukan juga intensif demi kesembuhan pasien secara total. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda diharapkan menjalani rehabilitasi secara rutin dan menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *