Presiden Joko Widodo, Pembaharu Istana Negara

By in
No comments


Presiden Jokowi memang berbeda dari Presiden lainnya yang pernah memimpin negeri ini. Lazimnya, seorang pemimpin negara akan bersikap formal dengan berbagai pengamanan yang melekat. Jangankan berjabat tangan, jarak satu meter pun rasanya tak mungkin. Apalagi pengamanan yang menyertai tak jarang lebih galak dari sosok yang dilindungi tadi. Dari masa ke masa, tak hanya terjadi di luar negeri, di Indonesia pun, sosok pemimpin negara juga menjadi yang paling disorot karena tingkat pengamanan yang teramat ketat, mulai dari pribadi Sang Pemimpin Presiden Jokowi , hingga keluarga seperti istri, anak dan cucunya. Sehingga kesan kaku kerap menyelimuti aura para pemimpin negara, termasuk di republik ini.

Presiden Jokowi

Kekakuan dan aura keras yang selama ini muncul di wajah para pemimpin kita, nampaknya sirna ketika tampuk kepemimpinan sebagai Presiden Republik Indonesia dipercayakan oleh rakyat pada Pilpres 2014 silam. Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini seolah hadir dengan aura baru yang membawa warna bagi kursi kepresidenan. Bersama dengan Wapres Jusuf Kalla, berbagai ‘tradisi lama’ di Istana Presiden, seolah berubah total dengan hadirnya pria berusia 57 tahun itu.

Berikut, hal-hal yang di’dobrak’ oleh Presiden Joko Widodo sejak menjabat pada 20 Oktober 2014 silam :

  • Sering berswafoto dengan masyarakat

Dalam kunjungan kerjanya ke beberapa daerah, tak jarang Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, mau berswafoto atau selfie dengan masyarakat yang ditemuinya. Bukan dalam pose kaku, justru sikap santai dan luwes terlihat jelas di layar kamera. Ya, walaupun kita akui, para Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres sering terlihat menghalau masyarakat yang dinilai terlalu dekat, karena khawatir akan ada oknum yang ingin berbuat jahat kepada RI 1.

  • Hobi bikin Paspampres kewalahan

Sosok Presiden satu ini memang berbeda dari pada pendahulunya. Seringkali tak terlihat pengamanan yang terlalu ketat, meskipun di beberapa titik selalu disiagakan para anggota Paspampres, yang siap mengamankan lokasi dan situasi di mana RI 1 berada. Tak jarang, pengawal yang berasal dari prajurit-prajurit pilihan di tubuh TNI, harus mau ‘dikerjai’ oleh Jokowi, panggilan akrab Sang Presiden. Seperti ketika beliau mengendarai motor Chopper, Paspampres yang bertugas harus mengikuti dengan lari mengimbangi kecepatan agar protokol pengamanan Presiden tetap dipenuhi.

  • Aktif di media sosial

Maju dan berkembangnya teknologi informasi saat ini, rupanya juga dimanfaatkan dengan sangat optimal oleh Presiden Joko Widodo. Dengan akun Instagram @jokowi yang terus memperbaharui kontennya setiap hari, jumlah pengikutnya sudah menembus angka 17,9 juta akun per 26 Maret 2019. Jumlah ini tentunya fantastis karena menjadi satu-satunya akun Instagram resmi dari seorang Presiden RI dengan belasan juta pengikut. Angka tersebut hanya selisih 2 juta lebih akun dari Perdana Menteri India, Narendra Modi (@narendramodi). Fantantis, bukan?

  • Dekat dengan kaum milenial

Memasuki era keterbukaan informasi, tak jarang muncul kesenjangan antara yang muda dan yang tua. Contoh simpelnya, yang tua seringkali dianggap kolot, sedangkan yang muda dinilai terlalu bebas dan suka melanggar aturan. Hal ini rupanya disadari betul oleh Presiden Joko Widodo. Berbagai kegiatan yang melibatkan kaum milenial, seringkali digelar untuk semakin mengeratkan hubungan antara pemerintah yang notabene adalah kaum tua, dengan para pelajar dan mahasiswa yang masih tergolong muda. Hal ini tentunya pas dengan candaan “umur boleh tua, namun jiwa harus tetap muda.”

  • Memilih sneakers daripada pantofel

Di saat pemimpin lain ingin nampak elegan dengan setelan baju resmi dan sepatu pantofel mengilap, Presiden Joko Widodo rupanya lebih suka memakai sneakers. Iya, sepatu yang identik dengan anak muda itu rupanya menjadi pilihan bagi kepala negara kita saat beraktivitas. Jangan salah, sepatu yang memang ringkas dan nyaman di kaki itu juga kerap digunakan dalam acara-acara resmi seperti kunjungan kerja ke berbagai daerah. Dengan kemeja putih yang lengan panjangnya digulung hingga siku ditambah pemakaian sneakers, gaya berpakaian beliau diakui memang berbeda jauh dari para pemimpin kita yang terdahulu.

  • Tampil di vlog artis ternama

Untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat, Presiden Joko Widodo tak segan diajak berkolaborasi dengan artis sekaligus vlogger, Boy William. Tak hanya sendiri, dalam perjalanan di mobil yang diselingi obrolan, putra sulungnya, Gibran Rakabuming, juga istrinya, Selvi Ananda, turut serta mendampingi dengan tingkah lucu dari Sang Cucu, Jan Ethes. Yang sudah nonton videonya tentu ingat kan, adegan ketika Jan Ethes menjawab bahwa pekerjaan kakeknya adalah seorang artis, bukan presiden.

Itu tadi beberapa hal yang menjadikan Presiden Joko Widodo berbeda dari para pendahulunya. Menjadi seorang kepala negara bukan berarti membatasi diri untuk berekspresi kan? Selama masih dalam tahap wajar dan menginspirasi, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *