TIPS MEMILIH SOFA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

By in
No comments

Berbicara mengenai interior rumah terutama pada ruangan tamu, maka tidak akan terlepas dari yang namanya sofa, hampir semua bentuk rumah, entah besar ataupun kecil bisa menempatkan sofa pada ruang tamunya, selain itu sofa juga di tempatkan pada ruang keluarga.

sofa minimalis

Pada umumnya kita menggunakan sofa untuk tempat duduk ataupun beristirahat, tapi dari yang saya baca, sofa bisa memiliki fungsi lebih dari itu, umumnya fungsi sofa ini ada 5, diantaranya adalah :

1. Tempat Istirahat

Sebagai tempat duduk, fungsi sofa untuk beristirahat memiliki kenyamanan yang lebih baik dibandingkan kursi biasa, hal ini dikarenakan bahannya yang dilapisi bantalan empuk semacam busa kemudian dilapisi kain.

2. Sebagai Pembatas Ruangan

Sofa juga bisa dipakai sebagai pembatas ruangan, misalkan sebagai pembatas ruangan dapur dan ruangan keluarga, biasanya sofa yang dijadikan sebagai pembatas ruangan berbentuk lebih panjang agar batasnya menjadi lebih tegas, atau mungkin sofa yang disusun berjejer.

3. Tempat Menyimpan Barang

Beberapa Model sofa sekarang memiliki laci di bagian bawahnya,  sehingga juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang,

4. Penghias Ruangan

Sofa juga bisa dipakai sebagai penghias ruangan atau elemen estetika, karena itulah sofa dijual dengan berbagai macam corak yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Selain itu bentuk dari sofa pun juga bisa bermacam-macam, mulai dari yang besar hingga sofa minimalis.

5. Sebagai Tempat Tidur Cadangan

Mungkin ini sudah tidak asing lagi, dengan strukturnya yang empuk dan juga memanjang sofa juga seringkali dijadikan sebagai tempat tidur cadangan. bahkan ada juga sofa yang memang khusus dijadikan sebagai tempat tidur cadangan, biasanya ada lipatan seater untuk memperpanjang sofa.

Selain itu dalam memilih sofa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antara lain :

  • Ukuran Sofa

Ukuran Sofa perlu diperhatikan, hal ini terkait dengan bersarnya ruangan yang anda miliki jika kita tidak memiliki ruangan yang besar maka anda bisa meilih sofa minimalis, karena itu tidak ada salahnya mengukur panjang dan lebar ruangan terlebih dahulu sebelum membeli sofa yang anda inginkan

  • Warna dan Motif

Warna sofa juga menentukan keindahan ruangan, pentingnya desain dikarenakan bisa mempengaruhi pemiliknya. Sebaiknya pilihlah warna yang sesuai dengan tema ruangan, namun jika lantai di ruangan sudah memiliki corak maka anda bisa memilih sofa yang memiliki warna lembut agar seimbang.

  • Rangka Sofa

Rangka sofa umumnya ada 3 jenis, antara lain kayu, triplek yang berlapis-lapis, dan besi, pada sofa kayu dan triplek ada berbagai macam bentuk yang bisa dipilih, berbeda dengan besi, namun jika ditilik dari segi keawetan sudah tentu rangka besi lebih unggul, kemudian rangka kayu dan yang paling cepat rusak dari triplek berlapis-lapis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *