Maimun Istana

Yuk Intip 5 Alasan Anda Harus kunjungi Istana Maimun yang Menawan

By in ,
No comments

Sudah pernah berlibur ke Sumatra Utara? Bagi anda yang belum pernah menginjakkan kaki ke ibukota Sumatra Utara, ada satu destinasi menarik yang harus anda kunjungi di kawasan jalan Brigjen Katamso kota Medan. Tempat tersebut adalah Istana Maimun, yang merupakan peninggalan kerajaan Deli dan memiliki keindahan arsitektur serta segudang cerita. Penasaran mengapa anda wajib mengunjungi istana yang sangat instagrammable ini?

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Ke Istana Sultan Maimun Al Rasyid

  1. Desain interior dan eksterior istana yang indah

Jika diperhatikan, desain bangunan istana yang didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah tahun 1888 ini memiliki gaya arsitektur yang unik. Anda bisa menemukan perpaduan yang menarik antara budaya Melayu dan budaya Eropa, misalnya pintu yang bercorak Timur Tengah, Spanyol, serta India. Kursi, lampu, lukisan, dan pernak pernik yang menghiasi 30 ruangan dalam istana ini, juga menunjukkan ciri khas Eropa yang kental.

  1. Spot foto menarik dan sewa kostum adat ala Siti Nurbaya

Selain mengabadikan interior dan eksterior istana yang menawan, anda juga bisa berfoto di beberapa spot menarik salah satunya spot foto mengenakan pakaian adat Melayu. Kostum tersebut bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau, kemudian jasa fotografer disana akan memfoto anda dengan pose ala Siti Nurbaya dan Datuk Maringgih. Anda juga bisa berfoto di spot spot favorit anda di kawasan Istana Maimun yang sangat elok.

  1. Tiket masuk istana sangat murah

Bagi anda yang memiliki budget terbatas selama liburan, anda bisa menuju ke landmark khas Medan ini dengan naik becak atau transportasi online. Tarif untuk satu tiket masuk ke istana tersebut tidak lebih dari Rp 20 ribu rupiah per orang, dengan jam operasional mulai 8 pagi hingga 5 sore. Bukan hanya menikmati arsitektur yang megah dan indah, anda juga bisa menyaksikan pertunjukan musik tradisional Melayu pada momen momen tertentu disana.

  1. Wisata edukasi peninggalan sejarah kerajaan Deli

Istana yang dulu ditinggali oleh sejumlah ahli waris kesultanan Deli Serdang ini, merupakan destinasi sejarah di kota Medan yang wajib masuk dalam itinerari studi tour sekolah sekolah di Indonesia. Memiliki sebuah prasasti berbahasa Belanda yang terdapat di dekat pintu utama, istana yang dibangun selama kurang lebih 3 tahun hingga 1991 ini pernah menjadi lambang kejayaan dan keagungan kerajaan Deli. Beragam koleksi artefak dan benda benda sejarah bisa anda temukan juga disana.

  1. Pertunjukan musik Melayu, galeri koleksi foto dan benda benda sakral

Meski bukan merupakan tempat wisata yang mempunyai wahana permainan, Istana Maimun selalu ramai dipadati pengunjung pada hari libur atau hari besar. Bukan hanya untuk berfoto dan mengenal sejarah kerajaan Deli, tetapi pengunjung juga disuguhi oleh sajian musik tradisional khas Melayu, setiap hari selama 1 jam mulai dari jam 2 siang. Selain itu anda juga bisa melihat koleksi foto dan benda benda peninggalan keluarga kerajaan Deli.

Istana dengan luas lahan mencapai 2.772 meter ini, menjadi cagar budaya andalan kota Medan yang wajib anda kunjungi. Datanglah pada hari-hari biasa (bukan hari libur) mulai dari pagi hingga sore hari, karena pada waktu waktu tersebut jumlah pengunjung tidak terlalu banyak. Jadi anda bisa  lebih leluasa berjalan-jalan ke seluruh kawasan istana dan sekaligus menemukan spot spot foto yang instagrammable untuk sosial media anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *