Yuk Kenali Penyebab Bau Badan!

By in
No comments

Bau badan merupakan masalah yang sering dihadapi beberapa orang. Hal tersebut sangat meresahkan karena bisa menurukan kepercayaan diri yang dimiliki. Apalagi untuk beberapa orang yang bekerja dan mengharuskan untuk bertemu dengan banyak orang/client. Pasti akan sangat sangat tidak nyaman jika bau badan tidak kunjung hilang. Bahkan ketika sudah rajin mandi, menggunakan deodoran dan lainnya namun masih saja mengalami bau badan.

Bau Badan

Sebelum Anda mencari tahu apa penyebab bau badan, perlu diketahui bahwa tubuh bernapas melalui pori-pori. Jika pori-pori yang ada dalam tubuh ini tersumbat, akan berakibat pada udara dari dalam tubuh seharusnya dikeluarkan justru terjebak oleh keringat. Hal ini lah yang kemudian menimbulkan bau tidak sedap.

Jadi sangat salah apabila selama ini Anda berpikir bahwa penyebab bau tidak sedap tersebut adalah keringat. Sebab keringat itu sendiri merupakan cairan yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit dan tidak memiliki bau. Sementara itu bau badan ini diakibatkan adanya peran bakteri yang merubah keringat menjadi asam.

Penyebab Bau Badan

Berikut adalah beberapa penyebab bau badan yang sebaiknya Anda ketahui.

Bau badan biasanya terjadi pada orang yang berpostur gemuk. Pemilik tubuh gemuk cenderung memiliki banyak lipatan atau lekuk tubuh sehingga keringat tidak dapat keluar melalui pori-pori kulit dengan maksimal. Hal ini terjadi karena area tersebut hangat, gelap dan beruap, jadi kuman dapat berkembang dengan pesat dalam lekuk tubuh tersebut.

Kulit yang mengalami infeksi dapat menimbulkan bau badan. Bakteri yang muncul pada kulit dan mengalami infeksi dapat menghasilkan keringat yang mengandung urea. Komponen tersebut yang memproduksi bau pada badan Anda. Alangkah baiknya jika segera mengobati bagian kulit yang mengalami infeksi tersebut. Karena bila hal tersebut dibiarkan maka bakteri mikro organisme akan semakin berkembang.

Manusia sebenarnya memiliki racun dalam tubunya yang disebut toksin. Toksin tersebut bisa berasal dari mana-mana, seperti lingkungan, udara dan makanan. Terkadang organ manusia tak mampu mengatur pengeluaran toksin, sehingga racun-racun tersebut berkumpul menjadi satu dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan saluran hati dan usus besar menjadi tersumbat dan akan berdampak pada bau tak sedap yang keluar dari tubuh.

Apabila hal tersebut sampai terjadi, Anda disarankan untuk segara melakukan program detoksifikasi yaitu pembuangan racun dalam tubuh yang berada pada bagian hati, ginjal, dan usus besar.

Hal ini sering dialami oleh Anda yang tengah menjalani program diet tanpa penerapan yang tepat. Pola diet tidak seimbang cebderung menyebabkan kurangnya zinc dan magnesiun yang terdapat dalam tubuh menimbulkan bau badan. Setiap manusia memiliki unsur kimia dalam tubuhnya, sehingga jika seseorang banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan daging, maka badan akan mengeluarkan bau yang lebih menyengat.  

Ada sebagian orang yang tidak mampu menerima makanan yang memiliki banyak kandungan zat choline, yakni telur, ikan, hati atau polong-polongan, bawang putih, bawang merah, kari, kopi, merica, kunyit, makanan pedas dan alkohol ternyata dapat menjadi alasan munculnya bau tak sedap.

Ada beberapa penyakit yang akan menyebabkan penderita akan menghasilkan lebih banyak keringat. Penyakit tersebut adalah diabetes, leukimia, gangguan kecemasan, HIV, limfoma, dan hipertiroidisme. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis apabila mendapati keringat berlebih. Hal ini juga akan membantu Anda untuk bisa menghilangkan penyebab bau tak sedap lebih efektif.

Demikianlah beberapa penyebab munculnya bau badan. Mengingat kondisi ini sangat mengganggu, usahakan untuk segera melakukan pengobatan baik secara alami maupun secara medis. Lebih dari itu kini sudah banyak produk kosmetika yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan bau badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *